Jumat, 05 Agustus 2016

Pengertian dari Administrasi Kepegawaian



PENGERTIAN DARI KEPEGAWAIAN

            Pegawai adalah tenaga kerja manusia, jasmani maupun rohani yang senantiasa dibutuhkan dan menjadi salah satu modal pokok dalam badan usaha kerjasama untuk mencapai tujuan organisasi tertentu, sedangkan kepegawaian adalah segala hal mengenai kedudukan, kewajiban, hak dan pembinaan pegawai.

Menurut KBBI :
            Kepegawaian adalah yang berhubungan dengan pegawai (Orang yang bekerja pada pemerintah atau perusahaan).

            Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi.

            Berdasarkan definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa Administrasi kepegawaian adalah proses kerja sama yang terdiri dari suatu rangkaian kegitatan dalam suatu usaha kerja sama dalam sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menurut Para Ahli :

  1. Edwin B.Flippo : Administrasi Kepegawaian adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan individu, karyawan dan masyarakat.
  2. Dole Yoder : Administrasi Kepegawaian adalah penyediaan kepimpinan dan pengarahan para karyawan dalam pekerjaan atau hubungan kerja mereka.
  3.  Andrew F. Sikula : Administrasi Kepegawaian adalah penempatan orang-orang kedalam suatu perusahaan. 
  4.   Paul Pigors dan Charles A. Myerse : Administrasi Kepegawaian adalah seni mencari, mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja yang cakap dengan cara sedemikian rupa sehingga tujuan organisasi dan efesiensi kerja dapat tercapai semaksimum mungkin. 
  5. Drs. Manullang : Administrasi Kepegawaian adalah suatu ilmu yang mempelajari cara bagaimana memberikan fasilitas untuk mengembangkan kemampuan dan rasa partisipasi pekerja dalam suatu kesatuan aktifitas demi tercapainya tujuan.
  6. Drs F.X Soedjadi, M.P.A : Administrasi Kepegawaian adalah proses kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pimpinan agar tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat dan fungsi organisasi serta sifat dan hakikat para anggotanya.

Secara Umum :
Administrasi Kepegawaian adalah seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai (Tenaga Kerja) untuk mencapai suatu tujuan.














 Sumber :
Di unduh dari


2 Saran Dan Kritik Anda:

Nur Haslina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

good.....

Posting Komentar

Fluttershy - Working In Background